Home » » Lima Ruangan di STKIP Bima Hangus Terbakar

Lima Ruangan di STKIP Bima Hangus Terbakar

Written By Honest Dody Molasy on Tuesday, October 9, 2012 | 8:30 AM


BIMA - Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat, dini hari tadi hangus dilalap si Jago Merah. Sedikitnya lima ruangan hangus. Lima ruangan itu adalah satu kantor Program Studi Pendidikan Ekonomi, tiga ruangan perkuliahan, dan satu kantor Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian “Gong 96”. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp500 juta. Menurut seorang saksi mata, Amin, kebakaran terjadi sekira pukul 02.10 Wita. Api berasal dari salah satu ruang kantor dengan cepat menjalar ke ruang lainnya karena embusan angin yang kuat. Sampai sekria pukul 05.00 Wita, empat mobil pemadam kebakaran Pemkot Bima masih berupaya menjinakkan api. Sementara itu, puluhan warga juga ikut membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Ada dugaan unsur kesengajaan dalam kasus kebakaran ini. Diduga kuat pembakaran dilatarbelakangi kasus perusakan kantor UKM “Gong 96” dan pembacokan oleh mahasiswa pada Jumat pekan lalu. Kasus ini dipicu oleh percekcokan antara aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP dan pegiat seni di UKM Gong 96 serta mahasiswa Pecinta Alam (mapala). Percekcokan memuncak menjadi aksi saling lempar batu dan pembacokan. Akibatnya, salah seorang pengurus BEM, Iron (20), terkapar dan sampai saat ini masih dirawat di RSUD Bima. Tidak terima dengan pembacokan, puluhan anggota BEM melakukan aksi balasan.

Dengan mambawa tombak dan parang, mereka mengejar aktivis mapala dan Gong 96. Mereka juga melakukan sweeping terhadap anggota dua organisasi ini. Aksi berakhir dengan perusakan sekretariat UKM Gong 96. Sampai saat ini, kondisi kampus STKIP masih menegangkan. Puluhan polisi berjaga-jaga di sekitar lokasi kebakaran. Tidak tampak adanya aktivitas perkuliahan. Beberapa mahasiswa yang hendak kuliah hanya bisa tertegun melihat kampus mereka menjadi arang dan kembali pulang. Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pimpinan STKIP maupun dari Kepolisian terhadap insiden ini. Berita ditulis di okezone.com
Share this article :

Post a Comment